6 Destinasi Wisata Bitung Terfavorit dan Wajib Dikunjungi

Sumber : Pixabay

Jenuh dengan aktivitas kota dan butuh liburan seru yang lain dari biasanya? Jangan khawatir Bitung sebagai salah satu kota di Sulawesi Utara bisa menjadi tempat pelarian yang asyik dan luar biasa. Kota yang berjarak 45 Km dari Manado ini konon memiliki wisata bawah laut yang masih alami. Ditambah kondisi alamnya yang indah, maka tidak salah lagi, dengan pergi wisata ke Bitung dijamin kamu akan dibuatnya betah dan terpesona.

Penasaran ingin tahu apa saja destinasi wisata Bitung yang indah dan wajib dikunjungi? Yuk intip daftarnya di bawah ini.

1. Pantai Batu Putih

Sumber: Pixabay (gambar hanya ilustrasi)

Kekayaan bahari kota Bitung memang sudah sangat terkenal luar biasa. Salah satu wisata Bitung yang bisa kamu kunjungi dan terkenal keindahannya adalah Pantai Batu Putih.

Pantai Batu Putih masih menjadi bagian dari  taman Nasional Tangkoko yang sudah terkenal. Jika kamu mengunjungi pantai ini, maka kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Tangkoko tersebut.

Pemandangan di Pantai Batu Putih sangat terjaga dengan keasriannya. Kamu juga bisa bersantai dan menikmati keindahan pantai dengan pasir putih di sini. Penangkaran penyu, juga berada di lokasi pantai Batu putih. Kamu bisa ikut merasakan melepas anak penyu untuk kembali ke habitat aslinya, jika berada di pantai ini.

2. Selat Lembeh

Sumber: Pixabay (gambar hanya ilustrasi)

Selat Lembeh adalah selat yang memisahkan antara Pulau Lembeh dan daratan Sulawesi. Walaupun bukan salah satu destinasi wisata baru, namun faktanya Selat Lembeh menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Sulawesi. Pemandangan di sekitar Selat sangatlah indah. Sehingga wisatawan yang datang kesana selalu terpesona dengan keindahannya.

Jika kamu berkesempatan untuk mengintip pesona bawah lautnya. Kamu akan memahami, mengapa banyak wisatawan yang sangat ingin mengunjungi tempat ini.

memang bukanlah destinasi baru di Bitung, tapi hingga saat ini masih menjadi destinasi favorit dan hits. Apalagi Selat Lembeh juga sangat terkenal di kalangan wisatawan karena keindahannya. Selan menawan ini sendiri merupakan selat yang memisahkan antara Pulau Lembeh dan daratan Sulawesi. Pemandangan di sekelilingnya akan membuat Anda kagum.

Bahkan Selat ini juga sudah diakui sebagai lokasi menyelam terbaik di dunia. Untuk itu, bagi kamu yang senang snorkeling dan melakukan penjelajahan bawah laut, tak usah ragu untuk singgah di Selat Lembeh. Dan rasakan sendiri petualangan mengintip biota laut yang beragam.

3. Pantai Batu Angus

Dari namanya, sebagian dari kamu mungkin sudah bisa menebak kenapa destinasi wisata Bitung yang satu ini dinamakan Pantai Angus. Yup, Pantai Angus memiliki bebatuan warna hitam seperti kayu hitam yang terbakar atau istilah lainnya angus. Batu hitam ini, selain terlihat eksotis berada di sepanjang pantai, tentunya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena fenomena unik tidak ditemukan di tempat lain sekitar pantai.

Jika mengunjungi pantai Angus, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan asyik beramai-ramai seperti berendam ataupun bermain air. Ada beberapa kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alami di sekitar kolam. Kamu juga bisa menyelam di air laut yang jernih. Atau mengajak anak dan saudara untuk bermain pasir di pinggir pantai yang uniknya juga berwarna hitam.

4. Pantai Kahona

Sumber: Pixabay (gambar hanya ilustrasi)

Masih belum puas mengunjungi bahari kota Bitung? Pantai Kahona bisa dijadikan sebagai tujuan alternatif. Pantai Kahona masih menjadi bagian pantai Pulau Lembeh. Berbeda dari pantai pada umumnya, pantai ini memiliki pasir yang merupakan campuran dari pecahan karang. Pemandangan yang dihadirkan juga tak kalah menawan dari pantai pantai lainnya.

Untuk membuat perjalanan kamu semakin lengkap, kamu bisa menjadikan Pasar Tua Bitung sebagai tujuan liburan. Pasar tua ini terkenal dengan hasil ikannya yang melimpah. Sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai jenis ikan untuk kamu bawa pulang. Selain itu, kamu juga bisa sekalian kulineran di pasar ini. Walaupun bukan tempat baru, tetapi Pantai Kahona masih hits hingga saat ini.

5. Hutan Mangrove Lirang

Tempat wisata Bitung yang hits selanjutnya adalah Hutan Mangrove Lirang. Wisata satu ini memang bukanlah destinasi baru, namun tetap selalu menarik banyak wisatawan. Bahkan seakan akan tidak lengkap jika tidak mengunjungi hutan mangrove ini saat singgah di Bitung. Karena memang tempat satu ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi hutan mangrove ini adalah mengelilingi area hutan tidak hanya dengan berjalan kaki, namun juga bisa berkeliling dengan menggunakan perahu. Perahu ini akan mengajak kamu untuk menyusuri bagian dari hutan mangrove. Kamu bahkan bisa meminta perahu untuk berhenti sebentar saat sedang mengambil gambar. Suasananya yang asri, dijamin akan membuat segala penat kamu terhempas dan hilang tanpa bekas.

6. Taman Margasatwa Tandurusa

Sumber: Pixabay

Seperti namanya, ketika mengunjungi Taman Margasatwa Tandurusa, kamu akan berjumpa dengan berbagai satwa karena tempat ini bisa disebut sebagai mini zoo atau kebun binatang mini. Memang kawasannya tidak terlalu luas, tetapi memiliki banyak koleksi hewan langka khas Pulau Sulawesi yang terbilang lengkap.

Menariknya lagi, lokasi tempat wisata ini cukup eksklusif. Kamu akan membutuhkan perahu untuk sampai di tempat ini. Kendati demikian, untuk menjangkaunya tidaklah sulit ditambah kamu tidak perlu membayar mahal untuk sampai di sini. Koleksi yang bisa kamu temui mulai dari kuskus, anoa, elang laut, python hingga babirusa. Beberapa satwa dilindungi pemerintah, sehingga setiap tahun akan diadakan konservasi agar tidak punah.

Festival Pesona Selat Lembeh Virtual 2022

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Bitung pada bulan Oktober, tepatnya pada tanggal  6-10. Kamu mungkin memiliki kesempatan untuk menghadiri Festival Pesona Selat Lembeh 2022.

Di tahun 2022 ini, Festival Pesona Selat Lembeh akan hadir dengan beberapa rangkaian acara yaitu Sailing Pass, Kampung Wisata Award, Explore Kampung Wisata, Bitung International Underwater Photography Competition, Coral Transplantation, Mural Competition, Pengucapan Virtual, dan 360 Virtual Exhibition dan Virtual Bazaar.

Walaupun event yang diselenggarakan rencana awalnya bersifat virtual. Namun bukan tidak mungkin jika dikemudian hari seiring dengan membaiknya COVID 19 di Indonesia, akan membuat acara ini bisa terselenggara secara offline.

Pastinya, jika kamu ingin menghadiri event Festival Pesona Selat Lembeh 2022 di Kota Bitung, kamu sudah harus mendapat vaksin booster dan juga menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Masih ingin memperoleh jadwal event festival wisata lainnya di Indonesia? kamu bisa mengintipnya di website Kharisma Event Nusantara untuk informasi lengkapnya.

Posting Komentar

0 Komentar