Fungsi Lain Hand Sanitizer Selain Sebagai Penghilang Kuman di Tangan

 
Salah satu prokes yang harus ditaati adalah dengan rajin cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Dikarenakan air tak selalu mudah untuk ditemukan saat di luar, maka alternatif lain selain cuci tangan adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Terlebih lagi jika sering melakukan kontak fisik dengan orang lain, membuka pintu, memegang uang kertas kembalian dan masih banyak lainnya.

Hand sanitizer memang memiliki fungsi utama untuk membunuh virus dan kuman sehingga tangan tetap steril dan aman. Namun tahukah kamu ada manfaat lain hand sanitizer selain sebagai pembersih tangan?.

Berikut ini beberapa fungsi lain hand sanitizer yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan sehari-hari:
 

  • Pembersih barang

Selain untuk membersihkan kuman yang dapat menempel di tangan, hand sanitizer juga bisa berguna sebagai produk untuk membersihkan barang dengan efektif. Selain tangan, barang yang sering dipegang seperti kacamata, handphone, jam tangan, mainan, dan lainnya juga perlu untuk disterilkan.

Hal tersebut agar barang yang sering dipegang tersebut tidak terinfeksi dengan kuman dan virus yang menyebabkan penyakit. Untuk membersihkan berbagai peralatan yang sering dipegang tersebut juga sangat mudah. Kamu tinggal menyiapkan hand sanitizer dan tisu atau lap yang digunakan untuk membersihkan permukaan berbagai benda tersebut. Lakukan pembersihan barang tersebut secara rutin, sehingga bisa mengurangi resiko penularan virus dan kuman dari barang yang sering dipakai sehari-hari.
 

  • Mengatasi jerawat

Kegunaan selanjutnya dari produk hand sanitizer yang dipunyai adalah dapat membantu untuk mengatasi jerawat. Bagi Kamu yang mempunyai masalah dengan jerawat bisa mengatasinya dengan produk hand sanitizer yang dipunyai. Hal tersebut karena hand sanitizer mempunyai kandungan alkohol yang ada di dalamnya, sehingga efektif untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat yang dialami. Dengan menggunakan hand sanitizer juga bisa membuat jerawat lebih cepat mengering.

Sehingga untuk mengatasi jerawat, hand sanitizer bisa difungsikan untuk membantu mengatasinya dengan cepat. Tetapi sebaiknya gunakan manfaat hand sanitizer untuk mengatasi jerawat ini ketika tidak mempunyai obat jerawat yang bisa ditemukan. Seperti sedang berada di gunung dan acara yang tidak memungkinkan untuk menemukan obat jerawat yang biasanya Kamu gunakan.
 

  • Meredakan rasa gatal

Hand sanitizer juga bisa memberikan manfaat untuk membantu meredakan rasa gatal yang dialami karena digigit nyamuk. Alkohol yang ada di hand sanitizer mempunyai sifat antiseptik sehingga bisa mencegah infeksi dan mengurangi peradangan dan rasa gatal yang dialami karena digigit nyamuk.

Bagi yang berada di tempat dengan nyamuk yang banyak, manfaatkan hand sanitizer yang dipunyai agar bisa membuat gigitan nyamuk tidak terasa gatal dan mencegah terjadinya infeksi dengan lebih ampuh.
 

  • Membuat luka lebih steril

Hand sanitizer juga bisa dimanfaatkan sebagai cara terbaik untuk membuat luka lebih steril. Hal tersebut bisa digunakan karena hand sanitizer yang mempunyai kandungan lebih dari 60% alkohol di dalamnya. Sehingga hal tersebut akan membuatnya bisa membuat luka lebih steril dan mencegah infeksi yang dapat terjadi.

Cara mensterilkan luka dengan hand sanitizer ini bisa digunakan pada berbagai jenis luka baik luka gores, luka sayatan, dan masih banyak lainnya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan hand sanitizer pada area luka dan bisa tutup menggunakan tisu atau kapas bersih.
 
Berbagai macam manfaat dari hand sanitizer tersebut umumnya bisa dilakukan karena hand sanitizer yang mempunyai kandungan alkohol tinggi. 

Posting Komentar

0 Komentar