Perlu Diperhatikan, Berikut Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan yang Wajib Diketahui


Dalam proses kehamilan, pasti akan membuat seorang ibu harus ekstra hati-hati dalam menjalankan berbagai macam aktivitas dalam mengkonsumsi berbagai macam makanan. Terlebih sekarang ini banyak sekali berbagai macam pantangan bagi ibu hamil 2 bulan yang akan berpengaruh bagi kesehatan buah hati. Berikut ini ada beberapa pantangan ibu hamil 2 bulan yang wajib diketahui untuk anda.

Berbagai Macam Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan yang Wajib untuk Diketahui

1. Tidak Boleh Mengonsumsi Kopi

Anggapan untuk tidak boleh mengonsumsi kopi menjadi salah satu pantangan bagi ibu yang tengah hamil muda, dan ini biasanya sangat lazim dibicarakan oleh orang tua. Sebenarnya, minum kopi dengan takaran yang tepat tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu dan buah hati. Bahkan dalam studi menunjukkan jika mengonsumsi kafein kurang dari 200 mg per hari tidak membuat keguguran. 

Pantangan yang sesungguhnya untuk patut ibu patuhi ialah larangan mengonsumsi alkohol dan rokok. Sebab dengan mengonsumsi rokok bisa meningkatkan risiko adanya komplikasi kehamilan, sedangkan untuk alkohol bisa menyebabkan fetal alcohol syndrome yang membuat berat badan pada bayi menjadi rendah, gangguan perilaku, dan pertumbuhan terhambat.

2. Tidak Diperkenankan Berhubungan Seks

Pantangan ibu hamil 2 bulan yang wajib diketahui yaitu berhubungan seks, sebab dalam usia tersebut kandungan masih terbilang lemah. Dengan kondisi kandungan di bawah usia 4 bulan maka ia masih terbilang rentan keguguran jika terjadi kontraksi pasca melakukan hubungan badan. Sehingga jika anda dan pasangan ingin menjalin hubungan badan tunggu kandungan memasuki usia 4 bulan.

Pada saat usia kandungan bertambah, maka pantangan ibu hamil 4 bulan yang wajib diperhatikan adalah larangan untuk mengenakan pakaian yang ketat. Tidak hanya membuat kepanasan, dengan pakaian ketat tersebut juga mengganggu kenyamanan, sehingga menjadi kesulitan beraktivitas. Sehingga alangkah baiknya jika ibu mengenakan pakaian yang longgar agar lebih leluasa bergerak.

3. Dilarang Keras untuk Mewarnai Rambut dengan Zat Kimia Berbahaya

Jenis pantangan ibu hamil 2 bulan yang wajib diketahui terkait mewarnai rambut, sebab kandungan zat kimia yang ada dalam rambut dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan buah hati. Jika anda ingin mewarnai rambut, sebaiknya untuk memilih produk yang kandungannya aman bagi ibu hamil. Untuk proses mewarnai rambut ini juga wajib dilakukan pada tempat yang sirkulasi udaranya baik.

Sebaliknya, ibu tak perlu mempercayai hal-hal berbau mitos yang menyebut bahwa dalam kondisi hamil tidak boleh memotong rambut. Padahal sejatinya ibu boleh memotong rambut lebih pendek untuk memberikan kenyamanan, karena kondisi rambut yang panjang bakal susah dirawat serta membuat ibu mudah kepanasan.

4. Tidak Boleh Berolahraga

Faktanya, seorang ibu yang hamil dalam kondisi kandungan yang sehat dan kuat justru disarankan untuk melakukan olahraga guna memperlancar proses persalinan. Beberapa jenis olahraga yang bagus untuk ibu selama masa hamil diantaranya adalah senam hamil dan kegel, berenang, yoga, jalan kaki serta melakukan pilates. 

Jadi untuk pantangan ibu hamil 2 bulan yang wajib diketahui dalam kaitannya olahraga hanya diberlakukan bagi segelintir orang yang memiliki kondisi kandungannya lemah. Umumnya seorang dokter akan menyarankan ibu hamil untuk istirahat total atau bed rest, tanpa harus melakukan aktivitas fisik jika keadaan kandungan anda tergolong rentan akan keguguran.

Ada 4 pantangan bagi seorang ibu yang saat ini tengah hamil 2 bulan. Pantangan yang dimaksud antara lain tidak mengkonsumsi kopi atau kafein, tidak menjalankan hubungan seks bersama pasangan, dilarang keras untuk mewarnai rambut dengan zat kimia berbahaya, dan tidak boleh berolahraga.

Posting Komentar

0 Komentar