Sabtu, 20 Februari 2021

Mengenal 7 Manfaat Konsumsi Produk Pertanian yang Fresh untuk Kesehatan


Apakah semua bahan makanan memiliki nutrisi yang sama? Anda harus berpikir ulang mengenai kandungan nutrisi dan vitamin pada berbagai produk pertanian. Karena ternyata produk bahan makanan yang fresh jauh lebih baik kandungan gizinya. Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan tubuh, tak ada salahnya kini mulai memikirkan kualitas bahan makanan sehari-hari Anda. 

Membeli produk segar bukan hanya menyehatkan. Jika Anda membelinya di tempat yang tepat, Anda bisa dapatkan bahan terjangkau tapi berkualitas. Kalau sudah begini, kesehatan tubuh akan lebih terjaga. Begitu juga dengan kesehatan anggaran belanja bulanan Anda. 

Manfaat Konsumsi Produk Pertanian yang Fresh

1. Cita Rasa Lebih Lezat

Bahan makanan fresh masih punya cita rasa alami. Sedangkan bahan baku yang sudah diawetkan cita rasanya akan berubah karena zat kimia pengawet dan juga usia simpannya. Karena itu, menggunakan bahan baku fresh bisa menampilkan rasa masakan yang super lezat. 

Misalnya buah yang baru dipetik dalam kondisi matang pasti akan menimbulkan rasa yang manis dan segar. Sedangkan buah yang sudah tidak fresh biasanya sedikit asam, ada rasa aneh, atau justru terlalu manis. Ini pasti akan merusak cita rasa makanan yang dibuat. 

2. Menggugah Selera

Bahan baku fresh pasti punya tampilan warna yang cerah menyala. Anda bisa mengenalinya begitu melihat pertama. Bahan baku ini ketika dimasak dengan benar juga bisa menimbulkan tampilan yang segar. Tentunya tampilan masakan juga mempengaruhi selera orang yang makan. 

3. Kandungan Nutrisi Bagus

Tahukah Anda bahwa nutrisi pada makanan segar jauh lebih banyak dibanding makanan beku? Nutrisi mikro seperti mineral dan vitamin masih belum rusak dalam produk fresh. Sedangkan sayuran dan buah-buahan lambat laun akan semakin kehilangan nutrisinya. 

Begitu juga dengan beberapa makanan beku. Proses pembekuan makanan bisa menyebabkan kerusakan vitamin dan juga protein makanan. Hal ini bisa Anda hindari jika lebih memilih menggunakan bahan fresh. Misalnya daging dan telur fresh.

4. Terhindar dari Toksik

Menempatkan produk bahan makanan di wadah plastik bisa membuatnya tercemar polutan berbahaya. Apalagi jika masih ditambah dengan bahan kimia pengawet. Kadang kandungan bahan kimia bisa membuat plastik luntur. Akibatnya zat polutan ini terserap ke bahan makanan. 

Zat toksik ini bisa Anda hindari saat membeli produk bahan makanan segar. Biasanya penjual tidak menggunakan bungkus berbahaya saat mengemasnya. Jika memang harus menggunakan plastik, maka jangka waktunya singkat. Hanya dari supermarket sampai ke rumah saja. 

5. Tinggi Kandungan Enzim

Enzim dibutuhkan tubuh untuk membantu menyerap nutrisi makanan dan melancarkan pencernaan. Enzim ini hanya terkandung dalam bahan makanan segar saja. Sedangkan pada bahan yang diawetkan, enzimnya sengaja dibuang agar tidak mudah busuk. 

6. Kandungan Air Tinggi

Bahan makanan segar pasti mengandung air yang lebih tinggi. Kandungan air ini akan terus menguap seiring dengan lama waktu penyimpanan. Kandungan air yang tinggi bisa menyehatkan badan, melawan dehidrasi, dan melancarkan pencernaan. 

7. Menghindari Bakteri 

Semakin lama bahan makanan pasti akan diserang oleh mikroba dan bakteri pembusuk. Mungkin mikroba ini tak kelihatan. Bahan masih terlihat utuh, padahal ada kandungan mikroba berbahaya di dalamnya. Jika sampai masuk ke pencernaan, Anda bisa terserang muntah dan diare parah. 

Sudah yakin kan akan menggunakan produk pertanian segar? Jika Anda bingung dimana beli produk yang pasti segar, percayakan saja pada TaniHub. Meskipun online, tapi semua produk yang dijual di TaniHub pasti segar langsung dari para patani terbaik.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar