Minggu, 06 Desember 2020

Moms Harus Tahu! Berikut Hal Yang Bisa Dilakukan Dalam Momen Baca Bersama Dengan Bayi

Moms Harus Tahu! Berikut Hal Yang Bisa Dilakukan Dalam Momen Baca Bersama Dengan Bayi

Tidak hanya anak-anak, ternyata bayi juga dapat menunjukkan respons yang ekspresif jika dibacakan buku. Kegiatan membaca ini bahkan bisa membangun kedekatan yang kuat dan sehat antara orang tua dan anak. Tentunya, mengenalkan buku sejak dini juga bisa menciptakan Indonesia cinta membaca. Yuk simak beberapa hal yang bisa dilakukan ketika membaca bersama bayi.

Tips Seru Yang Bisa Dilakukan Ketika Membaca Buku Dengan Bayi

1. Berikan Pilihan

Pengenalan bacaan ini dapat dimulai dengan cara menghadirkan beberapa buku di sekitar si kecil. Tentunya, anda bisa memberikan 5 hingga 6 buku secara berbeda dan meletakkannya di dekat si kecil. Kemudian, anda bisa melatih kebiasaan ini dengan selalu membacakan buku tersebut dan memberikan pertanyaan buku mana yang ingin dibacakan.

Pilihan tersebut seringkali dapat membuat bayi menunjukkan salah satu buku. Bahkan, memberikan pilihan ini dapat melatih kemampuan indera sentuhan yang dimiliki oleh si kecil. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat berfungsi untuk mengembangkan kemampuan motorik halus yang dimiliki oleh bayi.

2. Biarkan Bayi Membalik Halaman

Begitu pula, membiarkan bayi untuk membalik halaman buku juga dapat melatih kecintaan terhadap buku bacaan. Bahkan, kegiatan ini bisa menjadikan Indonesia cinta membaca karena sebuah perlakukan dan pembiasaan yang dilakukan sejak kecil. Mengenalkan kebiasaan membalik halaman juga dapat membantu bayi untuk mempelajari keterampilan pra-literasi.

Belajar membalik buku juga dapat membuat bayi menyadari tentang hal yang baru dikenal. Tentunya, kegiatan ini dapat melatih bayi untuk melatih seluruh indra yang dimilikinya. Bahkan, kebiasaan ini bayi juga akan menyadari tentang gambar yang dilihatnya maupun arah yang perlu dilakukan untuk membuka buka.

3. Menambahkan Lagu Saat Membaca

Selain itu, memberikan lagu saat bercerita juga bisa menarik perhatian si kecil agar semakin terlibat dalam buku bacaan yang ada. Bahkan pengulangan kata yang digunakan dalam lirik lagu, dapat membuat bayi belajar mengenali setiap makna yang dihadirkan dalam cerita dan lagu yang disuguhkan oleh orang tuanya.

Menambahkan lagu saat membaca pun bisa dilakukan dengan sederhana. Misalnya, anda bisa membacakan buku si kecil tentang kendaraan. Kemudian, anda bisa menyanyikan beberapa lagu yang berkaitan dengan tema tersebut. Begitu pula, anda juga bisa menambahkan beberapa gerakan agar cerita menjadi lebih menyenangkan. Menyertakan suara lucu juga akan lebih dipahami si kecil.

4. Sajikan Objek Yang Sama

Mewujudkan Indonesia cinta membaca juga dapat dilakukan dengan menghadirkan suatu cerita yang bersifat nyata. Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah menunjukkan objek nyata beserta gambar atau tulisan yang terdapat dalam bacaan. Tentunya, hal ini akan menjadi kenangan yang mudah diingat oleh bayi.

Untuk mengenalkan beberapa objek ini, anda bisa menggunakan cerita yang menghadirkan benda yang mudah dijangkau oleh bayi. Misalnya, anda bisa menceritakan tentang tokoh kelinci di taman yang makan wortel dengan menghasilkan buah wortel itu sendiri. Tentunya, si kecil akan lebih mudah memahaminya karena benda tersebut bersifat nyata.

Membiasakan budaya membaca juga bisa dilakukan dengan mengenalkan kebiasaan ini sejak bayi berumur 5 bulan. Beberapa ulasan di atas adalah hal menyenangkan yang bisa anda lakukan bersama si kecil di rumah. Tentunya, anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dan bergabung dalam gerakan yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca 

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar