Kamis, 29 Oktober 2020

Yuk Ikuti 5 Tips Meningkatkan Kualitas Belajar

Yuk Ikuti 5 Tips Meningkatkan Kualitas Belajar

Kualitas belajar dapat tercipta saat adanya kesinambungan antara siswa dan guru. Kualitas belajar dikatakan berhasil dilihat dari segi proses serta hasil. Proses belajar tak luput dari kegiatan membaca bahan ajar, sebagai kewajiban dasar seorang siswa untuk menambah ilmu. Dengan adanya gerakan Indonesia Cinta Membaca ini akan meningkatkan kualitas belajar siswa baik dirumah maupun disekolah.

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

1. Biasakan Membaca

Buku adalah jembatan ilmu, itu merupakan slogan yang sering kita dengar. Hal pertama kali yang kita lakukan saat ada buku yaitu membacanya. Membaca dapat kita lakukan dimanapun dan kapanpun. Aktivitas membaca ini berdampak positif bagi kemajuan pikiran kita. Karena dengan membaca kita akan memperoleh hal baru yang belum kita ketahui.

Hal yang kita peroleh saat membiasakan membaca yaitu dapat membuka serta memberikan wawasan berfikir secara terstruktur dan rinci. Gagasan biasakan membaca juga dilakukan oleh Tanoto Foundation sebagai implementasi prinsip-prinsip memperbaiki kualitas belajar. Semakin banyak buku yang kita baca maka kita mengikuti gerakan Indonesia Cinta Membaca.

2. Belajar memahami

Utamanya saat kita belajar yaitu memahami hal-hal yang baru. Kita boleh menghapal semua detail materi yang kita peroleh, namun lebih baiknya lagi kita memahami isi serta makna yang kita pelajari. Apabila kita membaca buku, hendaknya kita mengerti alur serta pesan yang akan kita dapatkan setelah membaca buku tersebut. Dengan begitu kita akan memahami isi dari buku tersebut. 

3. Mencatat Pokok Pelajaran

Buku merupakan penjabaran dari inti sari materi yang akan disampaikan. Kadang kita akan merasa kesal saat harus mengulang dari awal untuk memahami materi yang kita baca. Ada cara efektif mempermudah hal tersebut, dengan cara mencatat hal-hal yang penting dalam buku saat membaca. 

Saat siswa Indonesia Cinta Membaca maka mereka akan menjadi kritis dalam berbagai dan kreatif disetiap kegiatan. Karena, membaca merupakan jantung dari pendidikan yang harus tetap kita budayakan dan harus tetap jaga kelanjutnya demi pendidikan Indonesia.

4. Menghapal Kata Kunci

Karakteristik seseorang memang berbeda-beda. Ada yang mudah memahami, ada juga yang susah. Terkadang, mau tidak mau keadaan harus memaksa untuk bisa menghapal materi pembelajaran yang cukup banyak. Namun, hal tersebut dapat disiati dengan cara membuat kata kunci dari setiap hapalan agar mudah diingat oleh otak.

Kita akan mudah menghapal sebuah materi, jika melakukan budaya membaca dalam keseharian kita. Dampak positif yang kita peroleh dengan sering membaca yaitu dapat mengasah otak kita agar tetap aktif  serta kritis disetiap kegiatan yang kita lakukan. 

4. Melatih Kemampuan Diri

Jika otak kita terus diasah, maka akan semakin lancar pula aktivitas kinerja otak kita. Melatih kemampuan otak dapat kita lakukan sendiri. Pada setiap akhir materi pembelajaran, maka akan ada soal-soal untuk latihan. Kita dapat mengisi latihan soal tersebut untuk memeriksa seberapa jauh kemampuan kita setelah memahami materi pembelajaran yang kita sudah baca sebelumnya.

Jika kamu masih belum yakin untuk mengisi soal latihan tersebut kamu dapat membaca kembali materi yang kamu pelajari secara terus-menerus. Dengan begitu kamu telah melakukan budaya membaca yang bermanfaat agar kamu dapat menyelesaikan soal-soal latihan dengan maksimal dan mendapatkan nilai yang sesuai dengan kinerjamu.

Kualitas belajar yang baik terlihat dari bagaimana proses pembelajaran berlangsung serta hasil yang didapatkan setelah mengikuti pembelajaran. Melalui membaca kita dapat meningkatkan kualitas belajar secara terstruktur, dengan begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
 
Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar