Minggu, 02 Agustus 2020

Praktis dan Mudah, Berikut Resep Semur Ayam yang Bisa Anda Coba

Resep Semur Ayam


Masakan menu ayam menjadi salah satu hidangan favorit di Indonesia. Namun, seringnya ayam disajikan dengan cara digoreng saja dengan tambahan sambal maupun saus. Bagi anda yang bosan dengan menu tersebut, anda bisa mencoba memasak semur ayam. Dengan bumbu khasnya yang lezat, tentu olahan satu ini akan membuat keluarga anda makan dengan lahap. Nah agar tidak semakin penasaran, langsung saja simak resep semur ayam di bawah ini.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Masakan Ayam Semur

Bahan utama yang dibutuhkan untuk memasak olahan satu ini sebenarnya tidak terlalu banyak, hanya saja bumbu yang perlu disiapkan memang cukup lengkap. Bahan utama terdiri dari ayam setengah ekor yang kemudian dipotong menjadi enam bagian (anda juga bisa memotongnya sesuai selera), serta tiga buah kentang kupas yang telah dipotong sesuai dengan selera. Kemudian, goreng kedua bahan tersebut sampai matang. 

Sedangkan bumbu yang perlu anda siapkan terdiri dari 1 batang serai yang telah dimemarkan, 2 cm jahe, 100 kecap manis bango, ½ butir pala yang telah dihaluskan, 1 bungkus royco rasa ayam, ½ sendok makan merica putih bubuk, 5 siung bawang merah dan bawang putih, ½ sendok garam, serta 2 sendok makan bawang goreng. Selain itu, anda perlu menyiapkan 1 liter air yang nantinya dijadikan kuah untuk semur, serta 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbunya.

Sebaiknya resep semur ayam disiapkan semua, sebelum anda memasak agar nantinya saat memasak anda tinggal memasukkan bahan bahannya saja. Semua bahan yang dibutuhkan untuk memasak semur ini juga sangat mudah ditemukan, sehingga bisa anda jadikan salah satu menu mingguan agar keluarga tidak bosan. Untuk takaran bumbunya seperti garam, kecap dan penyedap rasa bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera anda dan keluarga.

Cara Mudah Memasak Olahan Ayam Semur 

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah pertama yaitu menghaluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan jahe. Kemudian nyalakan kompor dan letakkan wajan di atasnya, lalu tuangkan 3 sdm minyak goreng dan tunggu sampai agak panas. Lalu, resep semur ayam dilanjutkan dengan masukkan bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan, tambahkan serai dan biarkan hingga tercium harum. Lalu, masukkan ayam dan aduk dengan bumbu agar tercampur. 

Sebaiknya jangan terlalu sering diaduk karena dikhawatirkan akan membuat tekstur ayamnya rusak serta waktu matangnya juga menjadi lebih lama. Setelah bumbu dan ayam tercampur, masukkan potongan kentang yang sebelumnya telah digoreng, dan tambahkan kecap manis bango, pala, merica bubuk, garam, air, lada dan royco ayam. Setelah semua bahan dimasukkan, aduk sebentar agar air dan bumbu tercampur, kemudian tunggu hingga mendidih.

Sebaiknya jangan menggunakan api yang terlalu besar agar daging ayam dan kentangnya bisa matang dengan sempurna. Selain itu, menggunakan api kecil juga bertujuan agar bumbu dan dagingnya bisa meresap. Tunggu sampai kuah semur mengental dan bumbu meresap, kemudian matikan api dan hidangkan semur dengan menambahkan bawang goreng di atasnya. Anda bisa menyajikan resep semur ayam ini untuk 3 orang. 

Ternyata memasak olahan satu ini sangat mudah bukan? Jika suka dengan masakan pedas, anda bisa menambahkan resep ini dengan potongan cabai sesuai selera. Nah, bagi anda yang belum memiliki bahan bahannya, anda bisa langsung belanja dengan mudah. Jika anda sibuk atau sedang malas keluar rumah, maka belanja online bisa menjadi alternatif yang tepat. Belanja di Blibli Mart, anda berkesempatan mendapatkan gratis ongkir. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar