Minggu, 23 Agustus 2020

Simak Panduan Singkat Laporan Pajak Secara Daring

Simak Panduan Singkat Laporan Pajak Secara Daring

Pada era modern saat ini cara laporan pajak online telah menjadi solusi efektif dalam membayar pajak kapan saja dan dimana saja. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membayar pajak secara online.

Selain mengefisienkan waktu, pembayaran pajak secara online juga bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan Anda. dengan pembayaran pajak secara online, Anda tidak perlu pergi ke kantor pajak dan mengantre lama. Lalu, seperti apa tahapan yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya.

Persiapan Identitas

Cara laporan pajak online sangatlah mudah. Tahap pertama yang harus Anda lakukan yaitu mempersiapkan identitas apa saja yang diperlukan dalam pelaporan SPT online. Dalam proses ini, WP harus telah memiliki NPWP, alamat email, dan juga nomor ponsel yang aktif. Tentunya data tersebut sangat penting untuk mengonfirmasi bahwa benar Anda yang mengisi laporan SPT. Data Anda sudah dipastikan aman dan terjaga privasi-nya.

Harus Memiliki EFIN

Tahapan yang kedua yaitu WP harus sudah memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) serta sudah mengaktifkannya. EFIN sendiri merupakan nomor identitas yang telah diterbitkan oleh DJP sebagai nomor wajib pajak. 

Nomor ini bisa Anda gunakan untuk transaksi elektronik khusus dengan DJP. Cara mengaktifkannya cukup mudah, ada dua cara yaitu bisa dengan datang langsung ke kantor pajak atau juga bisa dengan mengajukan permintaan secara online.

Mengumpulkan Bukti Potong

Setelah tahap kedua selesai dilaksanakan, tahap selanjutnya yaitu Anda harus mengumpulkan bukti potong. Bukti potong ini yaitu bukti pemotongan PPh Pasal 21 yang sebelumnya dilakukan oleh seorang pemberi kerja atau juga bukti potong PPh 21 Final jika memang ada. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk menyiapkan daftar harta, daftar utang, dan juga kartu keluarga.

Login Laman Perpajakan

Setelah ketiga tahap terpenuhi, sekarang saatnya Anda login ke akun resmi pembayaran pajak dengan memasukkan nomor NPWP dan password yang telah dibuat. Setelah itu Anda bisa klik menu e-filling, pilih tap SPT. Anda isi jawaban serta formulir sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. 

Setelah mengisi formulir secara lengkap, klik persetujuan dan ambil kode verifikasi yang dikirimkan. Kode verifikasi yang diambil bisa Anda inputkan ke dalam kolom kode pengiriman. Setelahnya klik kirim SPT. Maka SPT Anda sudah terkirim dengan sebuah tanda terima kasih yang dikirim ke email Anda.

Sangat mudah cara laporan pajak online saat ini, bukan? Nah dengan kemudahan inilah seluruh transaksi keuangan Anda tidak akan terhambat ataupun macet. Selain itu untuk menambah kemudahan Anda dalam menghitung pembayaran pajak, saat ini telah ada aplikasi pembukuan yang secara efektif membukukan segala keuangan bisnis Anda. 

BukuKas merupakan aplikasi pembukuan paling lengkap dan tersedia secara gratis sebagai solusi memantau seluruh transaksi keuangan Anda. dengan BukuKas, seluruh transaksi akan tercatat secara detail dan rinci tanpa ada kekurangan sedikitpun. Tunggu apalagi? Segera pilih fitur yang Anda butuhkan dan rasakan kemudahan yang ditawarkan. Selamat mencoba!
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar