Rabu, 01 April 2020

Terapkan Pola Hidup Sehat Untuk Fungsi Ginjal Yang Lebih Baik

Fungsi Ginjal Sehat

Saat sedang terburu-buru dalam menjalankan aktivitas, Anda terkadang mengesampingkan bahaya yang dapat timbul  untuk pada tubuh. Karena harus menyelesaikan dengan cepat, maka risiko tersebut tidak terpikirkan oleh Anda. Misalkan saja menunda untuk membuang air kecil karena pekerjaan Anda yang harus segera diselesaikan dan hal kecil seperti melupakan minum air putih yang sangat penting untuk mengisi cairan tubuh Anda. Bila hal tersebut terjadi, organ ginjal akan mengalami masalah. Memiliki asuransi kesehatan keluarga premi murah memang akan bisa membantu Anda, namun menerapkan pola hidup sehat tetap merupakan pilihan yang terbaik.

Fungsi ginjal adalah sebagai pembuang racun yang ada di dalam tubuh. Minum air dengan cukup sangat membantu untuk bisa membersihkan ginjal dari racun-racun yang ada. Namun, untuk menjaga agar organ ginjal tetap sehat minum air dalam jumlah tertentu saja saja tidak cukup.

Berikut adalah tips untuk menjaga agar ginjal Anda tetap sehat. (sumber: hellosehat.com)

1. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin adalah penerapan pola hidup sehat yang sangat baik untuk dilakukan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berolahraga,baik untuk menurunkan berat badan maupun menghalau berbagai macam penyak it. Salah satunya menjaga ginjal tetap dalam kondisi yang sehat. Tidak perlu berlama-lama dan menggunakan fisik yang berlebihan. Asalkan rutin, seperti melakukan jogging maupun bersepeda, hal itu sudah sangat baik untuk kebugaran tubuh Anda. 

2. Stop Kebiasaan Merokok

Rokok memberikan efek yang buruk tidak hanya kepada perokoknya saja, tetapi mereka yang terpapar dengan asap rokok. Di dalam rokok mengandung zat-zat beracun yang sangat membahayakan tubuh. Jika sampai masuk ke tubuh, maka akan menghambat aliran darah dan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal tersebut menyebabkan hipertensi dan juga menjadi penyebab dari terganggunya ginjal.

3. Menjaga Pola Makan

Asupan makanan dan pola makan yang tidak baik akan berdampak buruk untuk kesehatan ginjal Anda. Memberikan batas pada makanan tertentu, seperti yang mengandung garam ataupun gula akan lebih baik. Selain itu,pilihlah makan-makanan yang memberikan kandungan zat terbaik untuk tubuh Anda, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

4. Hati-Hati dalam Mengonsumsi Obat-Obatan

Penggunaan obat-obatan yang melebihi dosis dan digunakan dalam jangka waktu yang lama sangat tidak baik untuk kesehatan dan bahkan dapat merusak ginjal Anda. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

Menjaga kesehatan organ ginjal merupakan bagian dari menyayangi tubuh Anda sendiri. Karena jika salah satu saja terdapat organ tubuh yang terganggu, bisa membuat sistem di dalam tubuh Anda juga tidak berfungsi dengan normal. Hal tersebut juga bisa menghambat aktivitas Anda. Untuk itu mulailah menjaga kesehatan ginjal mulai dari sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar