Rabu, 11 Maret 2020

Hal Utama yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Asuransi memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi diri anda dan keluarga dimasa depan. Maka dari itu, memilih Asuransi Jiwa tidak boleh sembarangan. Karena suatu saat, asuransi yang anda pilih tersebut akan membantu mningkatkan kesejahteraan hidup Anda dan keluarga.

Asuransi jiwa memiliki banyak sekali manfaat. Selain untuk menjaga finansial anda dan keluarga dimasa depan, asuransi jiwa juga bisa menjadi tabungan dalam jangka panjang untuk biaya pendidikan anak-anak anda kelak. 

Menabung dengan cara berasuransi memang menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih, sebab hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal buruk yang bisa datang secara tiba-tiba. Nah, bagi anda yang sudah mulai tertarik ingin memiliki asuransi jiwa, berikut ini beberapa hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih asuansi jiwa.

Tentukan Kebutuhan Anda

Dalam memilih Asuransi jiwa, anda perlu menentukan kebutuhan anda untuk kemudian menentukan produk yang paling sesuai. Biasanya perusahaan asuransi akan menawarkan lebih dari satu produk kepada anda. Setiap produk tersebut biasanya menawarkan risiko tertanggung yang berbeda. 

Beberapa yang seringkali ditawarkan adalah biaya pendidikan anak, penyakit kritis, serta risiko lain. Sebisa mungkin pelajari tiap-tiap produk, bandingkan masing-masing detilnya, kemudian tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Sesuaikan dengan Keuangan Anda

Saat ini ada banyak jenis asuransi jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Kalau anggaran anda tidak banyak, maka pilihlah asuransi jiwa yang murni saja karena preminya yang relatif rendah. Kalau anda memilih asuransi yang sekalian investasi, rata-rata preminya lebih besar.

Bila perlu buatlah anggaran bulanan yang cukup ketat guna memastikan anda tidak terlalu terbebani dengan besaran premi. Beberapa pakar menyarankan untuk menganggarkan 10 persen dari pendapatan bulanan untuk asuransi, tetapi persenan ini bisa saja berbeda pada tiap orang.

Pastikan Perusahaan Asuransi tersebut Kredibel

Asuransi adalah sebuah bentuk perjanjian yang termasuk jangka panjang, maka kredibilitas perusahaan adalah harga mati yang harus diperjuangkan. Maka pilihlah perusahaan keuangan yang tidak pernah tercatat bermasalah dalam mengelola keuangan. Anda bisa melihat laporan keuangan mereka baik melalui surat kabar ataupun media massa lainnya, perhatikan juga rating yang diperoleh perusahaan tersebut.

Pilih Pelayanan yang Paling Baik

Kredibilitas perusahaan adalah hal penting, salah satunya adalah perkara bagaimana mereka memberikan pelayanan yang prima kepada para nasabah. Misalnya, mereka memberikan pelayanan pelanggan selama 24 jam, karena kebutuhan untuk itu bisa datang kapan saja tanpa mengerti waktu. 

Dengan pelayanan tersebut anda bisa mengakses mereka kapanpun untuk mencari informasi soal detil produk asuransi yang anda nikmati. Dengan pelayanan tersebut anda bisa mengakses mereka kapanpun untuk mencari informasi soal detil produk asuransi yang anda nikmati.

Periksalah Polis Asuransi

Sebelum anda memutuskan untuk membeli asuransi, pastikan anda telah dengan cermat memerika setiap polis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Polis tersebut berbeda tergantung jenis asuransi jiwa tersebut. Paling tidak ada empat jenis asuransi jiwa yang bisa anda temui dengan mudah diantaranya: Asuransi Berjangka, Asuransi Seumur Hidup, Asuransi Dwiguna, Asuransi Unitlink.

Belilah Ketika Anda Masih Sehat

Sangat tidak disarankan untuk mulai menggunakan asuransi jiwa ketika anda sudah mengalami sakit. Biasanya nasabah yang sudah menderita sakit diharuskan membayar premi lebih mahal dibandingkan dengan nasabah yang masih sehat. Maka belilah asuransi jiwa sedini mungkin ketika anda masih berada pada kondisi sehat, karena bagaimanapun perlindungan itu dibutuhkan ketika tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar