Jumat, 28 Februari 2020

Tips Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan

Hemat bahan bakar

Harga bahan bakar memang bersifat fluktuatif. Terkadang mengalami kenaikan, namun terkadang sebaliknya. Maka, kita harus pandai dalam menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan. Beberapa orang berpendapat bahwa jarak tempuh kendaran yang menggunakan Pertamax akan lebih jauh dari yang menggunakan Premium. Hal itu memang terbukti, namun harga pertamax sedikit lebih mahal dari Premium.

Oleh sebab itu, Agar konsumsi bahan bakar mobil harian kita lebih irit dari biasanya, tentu bukan cuma kondisi teknisnya yang harus kita jaga tetap prima. Namun, nyatanya kita juga perlu menjaga gaya mengemudi dan faktor lainnya.
Jika tertarik untuk mengurangi jatah uang bensin, maka beberapa cara ini dapat kita terapkan dalam keseharian saat mengemudi.

Menjaga kesehatan mesin kendaraan

Salah satu penyebab mobil boros bensin ialah kondisi mesin yang tak terurus. Misalnya, jarang ganti oli atau pengapian yang tak sempurna. Padahal, kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap bagian-bagian tersebut secara rutin untuk menjaga konsumsi bensin mobil selalu efisien.

Hindari gaya berkendara agresif

Langkah selanjutnya untuk menghemat bensin mobil kita ialah berkendara dengan baik. Dalam arti menghindari praktik berkendara agresif. Praktik seperti ini biasanya tercermin dari kebiasaan berakselerasi secara spontan dengan menginjak pedal gas secara dalam-dalam.

Padahal dalam berkendara, sangat disarankan untuk melaju dengan kecepatan yang bertahap. Selain boros bahan bakar, cara berkendara yang agresif juga cenderung berbahaya bagi keselamatan.

Cermat memilih rute berkendara

Pemilihan rute berkendara juga menentukan efisiensi bahan bakar. Mencari rute jalan yang relatif lebih lancar untuk menghindari macet dapat kita lakukan. Selain itu, kita juga bisa mengatur waktu perjalanan untuk mendapatkan arus lalu lintas yang lebih lengang.

Perlu diketahui bahwa terjebak kemacetan berpotensi membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih boros. Walau mobil cenderung berjalan pelan bahkan berhenti. Hal ini dikarenakan konsumsi bahan bakar mobil dipengaruhi beberapa aspek sekaligus. Termasuk kecepatan berkendara yang konstan.

Menjaga tekanan angin ban

Untuk menghemat bahan bakar, tekanan angin ban juga memiliki pengaruh. Ban mobil yang kekurangan angin membuat permukaan yang bersentuhan dengan aspal lebih besar. Itu artinya ban akan lebih berat untuk berputar. Guna mengatasinya, kita perlu memastikan tekanan angin ban mobil dalam taraf ideal. Karena jika terlalu keras pun akan mengorbankan kenyamanan berkendara.

Kurangi muatan tidak penting

Setiap muatan bertambah sebanyak 50 kg yang dibawa oleh suatu kendaraan, hal tersebut membuat konsumsi bahan bakar dapat meningkat sebanyak 1 sampai 2%. Singkirkan beban yang tidak perlu di dalam mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Kurangi aksesoris berlebihan

Modifikasi berlebihan seperti menggunakan body kit atau mengganti pelek berdiameter besar akan menjadi kendala saat mengemudi dalam kecepatan konstan, selain itu beban kendaraan juga akan bertambah, sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih boros.

0 komentar:

Posting Komentar