Sabtu, 29 Februari 2020

Perlu Kamu Ketahui, Ini Dia 5 Perbedaan Smartwatch dan Smartband!

Smartwatch vs Smartband
Sumber : maskris.id
Seiring berkembangnya zaman, sekarang ini banyak berbagai macam jenis gadget yang semakin bertambah canggih saja, entah itu dari smartphone, laptop, game konsol maupun jam tangan pintar. Karena barang-barang di atas memiliki karakteristik dan fiturnya masing-masing yang menarik, tak heran jika produk tersebut menjadi impian bagi sebagian orang.

Sedangkan untuk harga, mereka memberikan varian yang bermacam-macam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, itu semua tergantung dari fitur dan merk yang ditawarkannya. Misalnya saja produk smartwatch dan smartband. Meski terbilang baru, kedua produk tersebut mampu menarik perhatian para generasi millenial, karena fungsinya yang bisa mendukung aktivitas indoor maupun outdoor kamu.

Tetapi dari beberapa orang banyak yang kerap menyamakan kedua produk tersebut, padahal namanya saja sudah beda apalagi fungsinya ya. Ini dia perbedaan dari smartwatch dan smartband yang wajib kamu ketahui!

1. Smartwatch punya fitur yang lebih lengkap dibandingkan smartband

Sumber : idntimes.com
Fitur dari kedua produk pintar ini menjadi salah satu faktor perbedaan yang paling menonjol. Mempunyai fitur yang lebih komplit dan canggih merupakan spesifikasi dari smartwatch. Contohnya saja kamu bisa melihat produk smartwatch Samsung Gear s3 yang memungkinkan si pengguna untuk dapat mendengarkan lagu melalui aplikasi Spotify, sedangkan si smartband sendiri tidak bisa melakukannya. 

Fitur dari smartband sendiri bisa dibilang basic, tetapi mampu digunakan sebagai alat penunjang aktivitas sehari-hari kamu. Misalnya saja pada Xiaomi Mi Band 2 yang memiliki fitur tracking, alarm dan dapat bergetar saat ada notifikasi pada smartphone tanpa harus melihat ponsel.

2. Smartwatch  dan smartband memiliki dimensi ukuran yang berbeda

Sumber : viva.co.id
Selain fiturnya yang berbeda, perbedaan lain dari kedua produk ini dapat terlihat jelas pada ukurannya. Pada umumnya smartwatch mempunyai bentuk dan ukuran layaknya sebuah jam tangan konvensional, sedangkan smartband memiliki ukuran lebih kecil layaknya sebuah gelang.

3. Selisih harga yang cukup jauh

Sumber : sfidnfits.com
Keduanya memiliki selisih harga yang terpantau sangat jauh. Kalau smartband dibanderol harga sekitar Rp 300 hingga Rp 500 ribuan, berbeda lagi dengan smartwatch yang punya harga lebih tinggi hingga Rp 3 jutaan. Tentunya sudah wajar sekali jika rentang harga dari kedua produk ini sangat jauh, karena fiturnya saja sudah berbeda. 


4. Ketimbang smartband, smartwatch lebih terkesan premium

Sumber : jalantikus.com
Bagi para pengguna smartwatch, memiliki jam tangan pintar ini menjadi nilai tersendiri karena cenderung lebih prestige dan premium ketimbang smartband. Selain itu, smartwatch juga sudah menggunakan material yang berkualitas layaknya sebuah arloji ternama seperti Seiko, jadi tak heran kalau harganya pun juga cukup mahal.

5. Teknologi display yang dipakai

Sumber : my-best.id
Perbedaan selanjutnya terdapat pada teknologi display yang dipakainya. Hampir semua smartwatch sekarang ini yang berada di pasaran menggunakan layar LCD backlit atau OLED layaknya teknologi layar yang dipakai pada smartphone. Bahkan sekarang ini ada juga smartwatch yang sudah menggunakan teknologi layar terbaru berjenis AMOLED.

Sementara karena smartband hanya digunakan untuk fitness tracker biasanya menggunakan teknologi display yang standar saja. Tetapi seiring berkembangnya teknologi di era milenial ini membuat smartband tak mau kalah dengan smartwatch dan ada beberapa yang sudah menggunakan teknologi layar display OLED.

Nah, itulah 5 perbedaan antara smartwatch dan smartband yang bisa terapkan dalam memilih produk tersebut. Memang fungsinya sama-sama untuk membantu aktivitas kita sehari-hari, namun tetap saja kamu harus menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan, ya!

0 komentar:

Posting Komentar