Selasa, 03 Desember 2019

Beberapa Hal yang Dapat Dilakukan dengan Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan

Jika ingin melakukan kegiatan liburan maka perlu menentukan destinasi wisata hingga menentukan moda transportasi dan akomodasi yang digunakan ketika berangkat hingga pulang, hal ini membuat para traveler perlu memesan tiket jauh-jauh hari. Perlu juga mengatur keuangan dan membuat daftar keuangan selama perjalanan sehingga dapat menabung atau menyisihkan sebagian penghasilan dan mengatur waktu untuk melakukan perjalanan serta perlu membeli perlindungan untuk perjalanan sebagai proteksi. Proteksi perjalanan dapat menggunakan asuransi perjalanan yang memberikan jaminan perlindungan dan penggantian biaya untuk perjalanan dalamdanluarnegerti, perjalananmenggunakanmobil pribadi maupun pesawat dan kerusakan atau kehilangan selama perjalanan akan dijamin oleh asuransi life Indonesia.

Berikut adalah hal yang dapat diatasi jika memiliki asuransi perjalanan diantaranya:

  • Memberikan kompensasi jika terjadi keterlambatan penerbangan yang mengganggu jadwal traveler yang telah disusun, kompensasi akan diberikan.
  • Jika traveler mengalami sakit selama perjalanan yang tidak dapat diprediksi dan tidak dapat diketahui biaya yang dikeluarkan maka asuransi akan menutupi setiap kebutuhan pengobatan, biasanya biaya asuransi untuk penumpang lansia lebih mahal karena diasumsikan resiko lebih tinggi dibandingkan usia muda.
  • Resiko barang yang hilang atau rusak seperti bagasi akan diberikan jaminan sebagai ganti rugi.
  • Jika terjadi kecelakaan selama perjalanan maka asuransi sebagai antisipasi, perlindungan yang diberikan biasanya berupa penggantian biaya, kecacatan dan kematian, tetapi jika kecelakaan terjadikarenapengaruhnapzamakatidakdapat diklaim.

Asuransi life Indonesia dengan asuransi perjalanan akan menanggung untuk biaya penerbitan paspor atau mengganti tiket pesawat jika mengalami resiko kehilangan dokumen perjalanan, alasan yang diterima jika kehilangan dokumen adalah bencana alam, perampokan maupun tindakan pencurian. Hilangnya harta benda selama berpergian biasanya jika terjadi pencurian maupun kerusakan harta yang berada diluar kendali tertanggung selama perjalanan maka akan diganti. Asuransi juga akan memberikan jaminan jika perjalanan yang dilakukan tidak memuaskan maka akan mengembalikan uang secara utuh secara produk maupun jasa yang diinginkan.

Jika ingin memiliki asuransi perjalanan, berikut adalah cara mengajukannya:

  • Memilih jenis asuransi, terdiri atas perjalanan tunggal jika melakukan satu kali perjalanan cocok untuk perjalanan bisnis dan perjalanan tahunan yang berlaku selama waktu satu tahun untuk perjalanan beberapa kali.
  • Perlu menyiapkan syarat pengajuannya seperti peserta minimal berumur 17 tahun dan 80 tahun, memiliki KTP ataupun paspor yang masih aktif, memiliki KK jika yang diklaim lebih dari satu orang dan mengisi formulir pengajuan.
  • Mengajukan asuransi dengan melakukan pembelian melalui agen travel yang membantu dalam proses pengajuan, dapat juga membeli melalui perusahaan asuransi untuk membimbing mengisi seluruh data yang dimintai dan jika membeli secara online akan jauh lebih mudah.

Klaim asuransi perjalanan dapat dilakukan dengan mengisi dokumen mulai dari kronologis terjadinya kehilangan hingga mengisi formulir dan melengkapi dokumen. Dokumen yang diperlukan biasanya berupa tanda bayar dan tiket pesawat selama melakukan perjalanan. Nasabah juga dapat mengajukan asuransi perjalanan untuk perjalanan luar negeri dengan membawa dokumen atau surat keterangan dari kepolisian.

Asuransi life Indonesia akan menolak klaim jika masalah yang dihadapi tertanggung tidak langsung dilaporkan kepada pihak asuransi yang selalu siap siaga. Selain itu, terjadi masalah yang merugikan tertanggung diluar dari ketentuan proteksi yang terdapat dalam polis dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk pengajuan klaim tidak lengkap. Hal ini juga dapat disebabkan jika melakukan perjalanan sebelum asuransi aktif dan alasan klaim yang diajukan tidak logis atau karena masalah sepele.

0 komentar:

Posting Komentar