Jumat, 01 November 2019

Bagi Ibu Hamil, Lakukan Hal Berikut untuk Menjaga Kesehatan Janin

Jaga kesehatan janin

Memiliki keturunan merupakan salah satu hal yang diharapkan dalam suatu pernikahan. Sehingga saat sang istri dinyatakan hamil, keluarga pastinya akan diselimuti dengan kebahagiaan. Bagi wanita yang sedang hamil, penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan bayi dalam kandungan bisa berkembang dengan baik. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari kegiatan yang bisa membahayakan keselamatan janin. Untuk mengetahui bayi sudah tumbuh sehat ataukah belum, ibu hamil juga harus rutin memeriksakan kandungan ke dokter. Meskipun Anda memiliki kesibukan, seperti bekerja, memeriksakan kandungan ke dokter tidak boleh diabaikan agar tahu tumbuh kembang si kecil dalam kandungan bisa terpantau. Anda bisa buat janji dokter kandungan yang memang sudah Anda pilih.

Untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan, berbagai upaya bisa dilakukan. Salah satunya dengan menjalankan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini bukan hanya dari pemilihan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh saja, namun juga memastikan kesehatan fisik dan psikis Anda terjaga. Karena hal ini juga turut mempengaruhi kondisi kesehatan bayi dalam kandungan. Nah, agar kesehatan janin dalam kandungan, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, yaitu:

1. Rutin berolahraga
Aktif bergerak akan membantu meningkatkan kesehatan fisik dan psikis pada ibu hamil. Namun tentunya pilih olahraga yang sesuai untuk ibu hamil.

2. Menghindari melakukan aktivitas atau pekerjaan yang terlalu berat
Hal ini dikhawatirkan jika kelelahan beraktivitas akibat pekerjaan yang berat akan memicu kram atau kontraksi yang menyebabkan keguguran.

3. Menghindari penggunaan produk kecantikan yang tidak aman
Dalam memilih produk kecantikan, ibu hamil harus lebih hati-hati. Karena bahan dalam kosmetik saat digunakan akan terserap oleh kulit, bahkan janin dalam kandungan. Zat kimia berbahaya dalam kosmetik jika mengenai janin bisa berdampak pada komplikasi kehamilan bahkan cacat lahir.

4. Mengkonsumsi vitamin prenatal
Pada vitamin prenatal mengandung asam folat, kalsium, dan zat besi. Vitamin prenatal ini sangat berguna untuk mencegah dari keguguran, kelahiran prematur, mengatasi tekanan darah tinggi pada kehamilan, serta menjaga kesehatan janin.

5. Menghindari konsumsi makanan mentah
Ibu hamil sangat rentan terkena penyakit infeksi karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan mentah yang beresiko mengandung bakteri berbahaya bagi janin. Pilihlah makanan yang diolah secara matang sempurna.

6. Memberikan perlakukan khusus dan ekstra, terutama bagi ibu hamil yang mengidap penyakit tertentu
Bagi ibu hamil yang memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes, hipertensi, dan diabetes, sebaiknya perlu memperhatikan secara ekstra dan hati-hati pola hidupnya. Caranya dengan mematuhi apa yang dianjurkan dokter dan menghindari sesuatu yang di pantang. Seperti jika ibu hamil menderita diabetes, maka lakukan kontrol gula darah secara rutin dengan penggunaan insulin.

7. Menghindari kebiasaan merokok ataupun terkena paparan asap rokok
Di dalam rokok mengandung nikotin yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Begitu juga paparan asap roko juga memiliki efek yang sama juga dengan merokok saat kondisi sedang hamil. Rokok bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah dan kelainan prematur.

8. Rutin control ke dokter
Anda bisa buat janji dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan. Kontrol perkembangan janin ke dokter kandungan ini harus dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Disamping memang sangat penting untuk mengetahui kesehatan janin itu sendiri, serta agar bisa berkonsultasi terkait kandungan dengan dokter yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar