Kamis, 12 September 2019

Jangan Salah, Ternyata Ini Bisa Menjadi Penyebab Migrain dan Tips Mengatasinya

Jangan Salah, Ternyata Ini Bisa Menjadi Penyebab Migrain dan Tips Mengatasinya

Berbicara mengenai sakit kepala pasti ada banyak sekali jenisnya, begitu pula dengan penyebab masing-masing. Salah satu yang cukup dikenal adalah migrain dimana itu merupakan sakit kepala sebelah yang lebih sakit dari pada umumnya. Satu dari lima wanita atau 1 dari 10 pria mengeluhkan sering mengalami masalah tersebut. Bahkan hal tersebut pernah dirasakan mulai dari anak, jika sudah seperti itu perlu untuk perhatian lebih. Tidak jarang orang penasaran pula dengan apa yang menjadi penyebab migrain secara umum?

Migrain sendiri timbul bisa karena adanya serangan pada otak akibat perubahan aktivitas, umumnya rasa sakit tersebut timbul dengan disertai sensasi berdenyut. Bagi yang belum pernah merasakan pasti akan mengalami kesakitan yang teramat besar. Bahkan sering sekali migrain yang dialami seseorang disertai dengan beberapa sensasi lain seperti:

  1. Meningkatnya sensitivitas pada tubuh seseorang terhadap cahaya, suara ataupun aroma.
  2. Rasa sakit yang bisa bertahan beberapa jam atau bahkan berhari-hari.
  3. Beberapa gejala lain sering muncul pula seperti muntah, nyeri pada bagian belakang satu mata atau telinga, hilangnya kemampuan untuk melihat sementara sampai dengan sakit kepala pada sisi bagian saja.
Migrain merupakan sakit kepala yang bisa datang kapan saja dan bisa hilang kapan saja, tetapi sifat dari sakit tersebut adalah berulang. Tetapi satu dengan orang yang sama-sama mengalami migrain belum tentu mempunyai penyebab yang sama. Karena secara umum ada banyak sekali penyebab migrain yang bisa Anda kenali seperti:

1. Faktor genetik
Ini merupakan salah satu penyebab dari migrain muncul pada seseorang, tetapi hal ini bukanlah penyebab utama jadi tetap ada pemicu pendukung lainnya. Bila salah satu orang tua mempunyai masalah atau pernah mempunyai migrain, secara otomatis anak akan mempunyai resiko yang sama.

2. Makanan atau minuman
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tertentu seperti MSG ataupun kafein, bisa menjadi salah satu faktor pendorong. Jadi kedua kandungan yang ada dalam makanan tersebut bisa menjadi pengaruh atas sistem saraf. Akibatnya pembuluh darah pada otak menyempit dan melakukan kontraksi.

3. Menstruasi
Perubahan hormon estrogen mendekati atau setelah mengalami siklus menstruasi menjadi salah satu penyebab seseorang migrain. Selain itu pula bisa dipengaruhi oleh sistem manusia yang sudah mengalami menopause, jadi kemungkinan tetap ada ketika siklus menstruasi ataupun menopause.

4. Perubahan cuaca atau aroma
Hal lain yang dapat menjadi pemicu munculnya migrain adalah perubahan cuaca atau aroma dalam lingkungan sekitar, dimana terik, panas, berawan ataupun yang lainnya. Selain itu adanya aroma parfum yang menyengat juga salah satu pemicu masalah sakit kepala sebelah. Bisa dikatakan hampir semua hal yang menimbulkan aroma menyengat bisa menjadi penyebab.

5. Stress
Tidak mampu mengontrol kondisi diri menjadi salah satu pemicu yang sering sekali membuat kepala sakit. Ketegangan otot, pelebaran pembuluh darah dan beberapa hal lain menjadi pemicu. Makanya itu hindari stress untuk mendapatkan kesehatan kepada Anda secara lebih baik.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala yang Anda alami saat ini. Pada dasarnya ada banyak sekali penyebab secara umum, masing-masing orang bisa mengalami sakit yang berbeda. Bagi Anda yang sudah tidak merasa nyaman dengan sakit tersebut, lebih baik segera pahami apa yang menjadi penyebab migrain dan konsultasikan kepada dokter. Karena meskipun terlihat sepele tetapi jika tidak segera ditangani akan membuat masalah atau kenyamanan yang berkurang dalam melakukan aktivitas.

0 komentar:

Posting Komentar