Sabtu, 22 Juni 2019

Tips Penting Membeli Motor Secara Kredit

Tips Penting Membeli Motor Secara Kredit

Kini sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati masyarakat. Dealer motor pun sudah mudah untuk Anda temui, mengingat berbagai cabang dealer sudah tersebar bahkan sampai kota kecil di seluruh Indonesia. Tak hanya proses belinya saja yang mudah, namun harga dan uang muka motor sudah sangat terjangkau jika Anda memilih untuk kredit.

Membeli motor secara kredit dapat menguntungkan bagi Anda khususnya yang kondisi finansialnya sedang terbatas tapi ingin memiliki kendaraan. Namun ada beberapa proses yang perlu diketahui saat membeli motor secara kredit. Berikut tips dalam membeli motor secara kredit.

Pertimbangkan angsuran yang harus kamu bayar setiap bulannya
Sebelum melakukan kredit, pastikan angsuran yang dibebankan itu sesuai dengan kemampuanmu. Ini adalah hal paling pertama yang harus diperhatikan. Rata-rata pihak kredit biasanya menawarkan tenor sekitar 3 tahun. Semakin lama tenor cicilan, makan jumlah angsuran makin kecil.

Jangan tergiur dengan DP murah, sebaliknya ajukan kredit dengan DP yang lebih besar
Semakin kecil DP yang diajukan maka smeakin lama angsurannya. Semakin lama angsuran maka bunga yang di bayar pun semakin banyak. Bahkan dengan DP yang besar biasanya akan cepat disetujui pengajuan kreditnya.

Perhatikan syarat kredit yang diajukan dealer dan lainnya
Ketika memilih kredit, perhatikan syarat yang diajukan. Perhatikan juga asuransi, jumlah cicilan, denda yang harus dibayar jika terlambat membayar angsuran dan jika kredit kamu macet.

Pilih lembaga pembiayaan atau leasing yang kredibel
Biasanya ketika kamu ingin membeli motor secara kredit, maka pihak dealer akan merekomendasikan beberapa leasing. Namun kamu perlu secara mandiri melakukan survei, leasing mana yang lebih kredibel.

Keuntungan yang bisa kamu dapat dengan leasing kredibel yaitu biasanya sudah disertai asuransi untuk melindungi kendaraan kamu dari risiko kehilangan karena dicuri atau kecelakaan. Tapi kamu memang harus lebih bersabar karena prosesnya sedikit lebih lama.

Pastikan Anda menggunakan lembaga pembiayaan yang kredibel, bukan lembaga pembiayaan aba-abal, apalagi yang perorangan. Memang prosesnya terbilang cukup panjang, yakni mencakup survey dan BI Checking. Tapi percayalah, semua diambil demi kebaikan Anda dan pihak lembaga.

Selain itu, umumnya lembaga pembiayaan yang kredibel sudah menyertakan asuransi yang berfungsi untuk melindungi kendaraan Anda, baik itu dari risiko kecelakaan ataupun pencurian.

Perhatikan Syarat Kredit
Jangan asal tanda tangan, Anda wajib membaca dengan teliti syarat kredit dari pihak lembaga pembiayaan. Biasanya, syarat-syarat ini mencakup asuransi, jumlah cicilan, denda yang harus dibayar saat terjadi keterlambatan, dan sejumlah syarat lainnya, termasuk saat kredit Anda macet.

Agar tidak terjebak dalam pola permainan lembaga pembiayaan abal-abal, di sini Anda wajib mengajukan kredit pada lembaga pembiayaan yang kredibel atau resmi.

Pilihlah Tenor Kredit yang Tepat
Rata-rata pihak lembaga pembiayaan menawarkan tenor hingga 35 bulan atau sekitar 3 tahun. Perhitungannya, makin lama tenor cicilan, makan kecil pula jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulannya. Tapi kalau sanggup, sebaiknya pilih tenor kredit singkat saja. Alasannya, makin panjang tenor cicilan yang dipilih, otomatis bunga yang harus Anda bayar pun semakin besar. Tapi kembali lagi, sesuaikan dengan kemampuan!

Hindari kesalahan dalam Menghitung Keuangan Sendiri
Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit motor, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Secara umum, untuk bisa menghitung keuangan sendiri dibutuhkan tiga hal dasar, yaitu logika, seni, dan perencanaan keuangan. Membuat rencana keuangan memerlukan logika agar dapat direalisasikan.

Selain itu, seni juga diperlukan dalam membuat rencana keuangan, artinya sebuah rencana keuangan yang diterapkan oleh seseorang pasti akan berbeda dengan orang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar